Wednesday, April 21, 2010

Macam-Macam Jaringan

1.1 Pendahuluan
Dengan berkembangnya teknologi komputer dan komunikasi suatu model komputer tunggal yang melayani seluruh tugas-tugas komputasi suatu organisasi kini telah diganti dengan sekumpulan komputer yang terpisah-pisah akan tetapi saling berhubungan dalam melaksanakan tugasnya, sistem seperti ini disebut jaringan komputer (computer network).

1.2 Tujuan Jaringan
Jaringan yang saat ini anda kenal semisal "internet" sungguh bermanfaat sekali bukan? Anda dapat mengakses segala macam bentuk pencarian anda terhadap objek tertentu dengan sekali klik saja. Singkatnya jaringan menghubungkan kita dengan komputer/host lain. Jadi kita dapat bertukar informasi lebih cepat. Kita juga mampu berinteraksi langsung dengan orang lain, misal dengan chatting, facebook, video call, dst. Tentu tujuan jaringan agar lebih memudahkan kita untuk berhubungan langsung dengan orang lain.

1.3 Macam Jaringan
a. LAN (Local Area Network)
Local Area Network (LAN) merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama resource (misalnya, printer, scanner) dan saling bertukar informasi. LAN dapat dibedakan dari jenis jaringan lainnya berdasarkan tiga karakteristik: ukuran, teknologi transmisi dan topologinya.
LAN seringkali menggunakan teknologi transmisi kabel tunggal. LAN tradisional beroperasi pada kecepatan mulai 10 sampai 100 Mbps (mega bit/detik) dengan delay rendah (puluhan mikro second) dan mempunyai faktor kesalahan yang kecil. LAN-LAN modern dapat beroperasi pada kecepatan yang lebih tinggi, sampai ratusan megabit/detik.
b. MAN (Metropolitan Area Network)
Metropolitan Area Network (MAN) pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya memakai teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang berdekatan dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN biasanya mamapu menunjang data dan suara, dan bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel. MAN hanya memiliki sebuah atau dua buiah kabel dan tidak mempunyai elemen switching, yang berfungsi untuk mengatur paket melalui beberapa output kabel. Adanya elemen switching membuat rancangan menjadi lebih sederhana.
c. WAN (Wide Area Network)
Wide Area Network (WAN) mencakup daerah geografis yang luas, sertingkali mencakup sebuah negara atau benua. WAN yang lebih akrab sebagai internet mampu menghubungakan negara dengan negara bahkan benua dengan benua.

0 comments:

About this Blog

Terimakasih telah mengunjungi blog kami, salam jazz

Recent Comments

  © Musician : dany_jazzle lets Join with us 2011

Back to TOP