Sunday, April 25, 2010

Tips Membeli Gitar Akustik/Elektrik

Senang sekali, hari ini saya bisa memposting satu lagi tentang bagaimana memilih gitar akustik maupun elektrik. Jangan sepelekan hal kecil ini, karena jika anda salah membeli gitar pasti akan menyesal dan pasti tak akan maksimal saat berlatih gitar.
Berikut saya akan membagikan tips-tips ringan seputar memilih gitar:
1. Neck (Leher gitar)

Gambar 1 (truss rod_)
Pastikan saat teman-teman membeli gitar lihatlah neck (leher gitar) lurus atau tidaknya. Karena jika neck tidak lurus maka akan menimbulkan suara mendengung (buzz). Hal ini akan menyebabkan kita tidak nyaman saat melakukan latihan. Kemudian yang perlu diperhatikan juga yaitu gitar harus memiliki truss rod, dikarenakan jika umur gitar sudah mulai tua pasti neck akan bengkok karena tertarik senar, maka dari itu truss rod ini berfungsi untuk menseting ulang neck yang bengkok tadi. Masalah ini haruslah dibawa ke teknisi gitar untuk membetulkannya, kesalahan bisalah sangat fatal jika anda membetulkan sendiri.

 2.Fret
Pasti teman-teman udah tau donk apa itu fret? Fret adalah bagian di mana kalian menekan akord/lead pada gitar. Itu lo.. yang terbuat dari besi yang tersusun rapi pada neck. Udah tau kan?? hehe.
Pastikan juga bahwa fret tersusun rapi (tinggi rendahnya fret itu tertanam pada kayu papan nada). Tipsnya, tekan fret pertama, kemudian tekan pula fret paling ujung. Lihatlah dari atas apakah ada sela antara fret dengan senar. Jika ditemukan ada sela, lebih baik tinggal aja deh tu gitar, cari yang lain bro. So pastikan saat anda menekan kedua fret tersebut tidak ada rongga sedikitpun antaran senar dengan fret. Mudah kan?

3. Kayu papan nada
Gambar 2 (Maple_)
Kayu papan nada merupakan hal terpenting yang harus kamu simak baik-baik dalam memilih gitar. Banyak sekali toko gitar menjual beberapa barang yang hampir sama tampaknya namun harganya berbeda. Mencolok sekali di sana terdapat perbandingan yang tidak lain mengenai papan nada. Bahan yang buruk biasanya setelah beberapa waktu digunakan warna palsu yang diberikan pada kayu tersebut akan luntur. Bukan hanya mengenai warna, papan yang berbahan kayu buruk (mahoni atau plywood) akan mudah sekali bengkok. Tentu anda tidak mau rugi kan? Pastikan jika memilih gitar anda memilih bahan papan nada misalnya hardwood, ebony, rosewood, dan maple. Dijamin pasti mantap rasanya.

4. Tinggi Senar pada Papan Nada
Pertama-tama ambillah penggaris, ukurlah pada fret 12. Lihatlah berapa jarak antara senar dengan papan nada. Kalau menurut saya gitar yang empuk dan tidak berat ditekan senarnya berkisar antara 0,5cm lah.

5. Tuning Machine/Penala
Alat ini berfungsi sebagai (penyeteman) men-tuning renggang tidaknya senar gitar. Zaman sekarang sudah banyak sekali gitar berharga murah sekalipun menawarkan tuning machine yang baik. Pada bahasan selanjutnya akan dibahas Tips jitu menyetem gitar dengan berbagai cara.

6. Body Gitar
Berbicara tentang body, body siapa sih yang nggak suka kalau bodynya bagus, berbahan baik, dan berkualitas tinggi?? hehe..
Sebelum membeli, perhatikan bagian ketebalah body, karena hal ini mempengaruhi frekwensi suara yang akan ditimbulkan nantinya. Pilihlah bentuk body terserah dengan selera anda masing-masing.

7. Pick Up
Pick up adalah alat yang berfungsi menyampaikan sinyal-sinyal suara (khusus gitar elektrik) ke dalam sound system. Sekarang banyak sekali produsen pick up menawarkan dua model pick up. Aktif maupun pasif.
Bedanya pick up aktif lebih uedan suaranya. Dikarenakan karena bekerja dengan daya battery. Berbeda dengan pasif, pick up jenis ini tidak menggunakan fungsi battery, namun suaranya pun tak kalah lo.






Sekian tips dari saya, selamat memilih gitar idola anda, dan jangan lupa post komentar anda. ok! TERIMA KASIH..

0 comments:

About this Blog

Terimakasih telah mengunjungi blog kami, salam jazz

Recent Comments

  © Musician : dany_jazzle lets Join with us 2011

Back to TOP