Tuesday, April 20, 2010

Sejarah Musik Jazz

Jazz... Terdengar begitu asing bagi orang yang bukan merupakan pecinta musik beraliran aneh ini. Bahkan tak dipungkiri banyak anggapan bahwa musik ini merupakan musik orang-orang elit dan memiliki kasta di atas rata-rata. Namun anggapan ini tentu sama sekali salah. Musik jazz pertama kali diperkenalkan oleh budak-budak kulit hitam di Amerika yang tertindas(kaum negro). 1861-1865 di Amerika Serikat terjadi perang saudara, yaitu antara pihak utara dan pihak selatan.Terlihat dari sejarah kelahirannya, musik ini berkembang dari ketegaran dan luapan ekspresi dari masyarakat kulit hitam saat itu. Jazz berarti tangis atau kesedihan kaum negro yang mendambakan pembebasan dirinya dari perbudakan. Pada mulanya mereka tidak menyanyikan dan mengiringi lagu dengan memainkan alat musik yang bernada, melainkan mereka hanya bertepuk-tepuk dan memukul-mukul suatu benda hingga terbentuk suatu irama. Pada suatu ketika perang terjadi, sehingga banyak pengungsi-pengungsi yang berpindah kediamannya. Banyak barang yang tertinggal termasuk alat-alat musik yang selama ini belum pernah mereka mainkan. Para budak mencoba memainkan dengan mencoba menirukan gaya tuannya, meskipun dengan asal saja.
Pada tangga 9 April 1865, pihak penjajah menandatangi mengakui kekalahan dari pihak terjajah. Para budak berpulang dan menyanyikan lagu kegembiraan mereka di tengah perjalanan. Itulah awal kelahiran musik jazz dunia, meskipun musik jazz dimainkan oleh budak negro (Afrika), jazz sampai sekarang diakui berasal dari Amerika.

1 comments:

Anonymous April 26, 2010 at 8:01 PM  

artikelnya sangat menarik dan membantu. Mohon e-mailkan sumbernya ke niew_jazzy@yahoo.com coz diartikel ini tidak disebutkan sumbernya dan saya butuh sekali bwt skripsi saya.Thx b4

About this Blog

Terimakasih telah mengunjungi blog kami, salam jazz

Recent Comments

  © Musician : dany_jazzle lets Join with us 2011

Back to TOP